Selasa, 31 Mei 2016

Pengertian Atmosfer dan Lapisan Atmosfer




1.      Pengertian Atmosfer
Atmosfer merupakan lapisan udara yang menyelubungi planet bumi, dengan ketebalan rata-rata diperkirakan 100 km dari permukaan bumi. selubung udara ini terdiri dari berbagai macam gas dengan presentase volume dan tingkat kepadatan yang berbeda-beda.
Atmosfer terdiri dari gas-gas atau zat-zat yang makin tinggi, makin renggang. Unsur utama yang dominan adalah nitrogen (N2) sebanyak 78%, oksigen (O2) 22%, argon (Ar) 1% dan karbon dioksida (CO2) 0,03%.
Nitrogen (N2) dalam atmosfer merupakan unsur yang tidak mudah bergabung dengan unsur lain, sehingga hanya sedikit yang dapat dimanfaatkan oleh tanah dan tumbuh-tumbuhan. Sementara itu, oksigen (O2) merupakan unsur yang aktif dan mudah bersenyawa dengan unsur lain.
Selain itu, di dalam atmosfer masih terdapat zat lain dalam jumlah kecil, yaitu neon (Ne), helium (He), krypton (Kr), xenon (Xe), metana (CH4), dinotrogen oksida (N2O), radon (Rn), uap air (H2O), ozon (O3), sulfur dioksida (SO2), nitrogen dioksida (NO2), amonia (NH3), dan karbon  monoksida (CO).


2.      Lapisan – lapisan atmosfer bumi
Secara vertikal, lapisan atmosfer diberi nama yang berbeda yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, dan thermosfer. Ada pula yang menambahkan dengan lapisan ionosfer dan exosfer.
a.       Troposfer
Troposfer merupakan lapisan terbawahatmosfer, terdapat ketinggian 0 - 8 km didaerah kutub, dan antara 0 – 16 km di daerah equator atau khatulistiwa. Di lapisan ini terjadi peristiwa – peristiwa cuaca, seperti hujan, awan, dan konveksi. Troposfer terdiri atas: lapisan planetair 0-1 km, lapisan konveksi 1-8 km, lapisan tropopauose 8-12 km,yaitu lapisan pembatas antara lapisan troposfer dengan stratosfer yang temperturnya relaif konstan. Ketinggian troposfer dikutub 8 km dengan suhu -46o C, di daerah sedang 11 km suhu – 50oC dan didaerah ekuator ketinggian 16 km dengan suhu – 50o C.
b.      Stratosfer
Lapisan stratosfer berada pada ketinggian rata – rata antara 15 – 50 km. Antara lapisan stratosfer dan lapisan mesosfer dipisahkan oleh lapisan stratosfer merupakan tempat konsentrasinya ozon. Lapisan ozon berfungsi sebagai pelindung permukaan bumi dari pancaran sinar ultraviolet dari matahari yang berlebihan.
c.       Mesosfer
Mesosfer terletak pada ketinggian antara 50 km – 80 km diatas permukaan bumi. Mesosfer juga terletak diantara stratopauose dan mesopauose. Mesopuose merupakan lapisan peralihan antara mesosfer dengan stratosfer. Memiliki temperatur – 50o C sampai 70o C. Merupakan lapisan pelindung bumi dari kejatuhan meteor, meskipun ada meteor yang sampai kepermukaan bumi, namun sudah terbakar dan hancur sehingga sampai kebumi hanya pecahannya saja.
d.      Thermosfer
Lapisan thermosfer terletak pada ketinggian antara 80 km – 500 km diatas permukaan bumi. Di dalam lapisan ini sebagian molekul dan atom-atom udara mengalami ionisasi.
e.       Ionosfer
Lapisan ionosfer meupakan bagian dari lapisan thermosfer. Fungsi lapisan ini untuk memantulkan gelombang radio sebagai alat komunikasi ke seluruh permukaan bumi.
f.       Eksosfer: lebih dari 800 km
Lapisan ini merupakan lapisan atmosfer yang paling luar, pengaruh gaya berat pada lapisan ini sangat kecil. Pada lapisan ini meteor mulai berinteraksi dengan susunan gas atmosfer bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar